mengatasi mobil mogok

cara mengatasi mobil mogok
cara mengatasi mobil ngadat
cara mengatasi mobil tak mau di-start

Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis ketika membawa mobil Kijang LSX buatan tahun 1999 mogok tidak mau dihidupkan alias di-start. Lampu panel indikator di dasbord menyala sebagaimana lazimnya, tetapi ketika kunci mobil diputar, nyala lampu indikator memudar.  Seolah-olah listrik tidak menyentuh atau mengalir di seputar kunci kontak.
Pernahkan anda mengalami mobil anda ngadat tidak mau hidup waktu di-start? Sebelum anda membawanya ke bengkel (baik dengan jalan di-derek) atau ditarik menggunakan mobil lain, cobalah beberapa cara berikut ini. Barangkali cara berikut ini menjadi semacam pertolongan pertama pada mobil mogok. 


1) Sebaikinya anda juga menyediakan alat tester (alat tester yang digunakan untuk mengetes listrik, tetapi sudah dimodifikasi. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar.
2) Tancapkan tester tersebut pada kutub negatif pada aki mobil.
3) Sentuhkan ujung tester pada kutub positif sehingga menyala. Nyala lampu pada tester mengindikasikan bahwa ada sumber listrik pada aki mobil itu. Jika lampu pada tester tidak mau menyala sama sekali, berarti tidak ada sumber listrik pada aki mobil itu.
Apabila aki masih menyala berarti aki masih hidup (mengandung listrik). 
4) Cobalah hidupkan starter mobil. Jika tidak ada sumber listrik yang lekihatan di panel dasbord mobil, curigailah bahwa klem di kutub aki (positif) kendor atau kotor. 
5) Bukalah klem positif
6) Bersihkan kutub positif aki itu dengan amplas. Jika agak basah, keringkan dengan kain lap yang kering.
7) Pasang kembali dengan benar dan erat klem aki di kutub positif dan coba start.
Apabila tidak mau start tetapi kadang-kadang muncul tanda bahwa aki itu masih ada lsitrik, berarti pemasangan klem di kutub positif itu kurang pas. Coba buka kembali dan pasang kembali dengan erat.
8) Coba start kembali. Jika lampu indikator masih menyala tetapi saat kunci start diputar mobil tidak mau hidup, coba cek kembali dan pastikan pemasangan klem di kutub positif sudah kencang. Jika pemasangan klem kutub positif sudah kencang biasanya mobil itu mau hidup.



cara mengatasi mobil mogok
cara mengatasi mobil ngadat
cara mengatasi mobil di-start

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan

Sumbangan Buku untuk Perpustakaan Politeknik Negeri Bali

 UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Bali menerima sumbangan buku dari Bapak Dr. Majid Wajdi, M.Pd.  Hari yang berbahagia, Senin, 4 September...