keunggulan dan kelemahan isuzu panther

keunggulan dan kelemahan isuzu panther


Mesin diesel dikenal sebagai mesin yang kuat, andal, bebas perawatan, tapi juga agak berisik. Isuzu Panther dikenal dengan "Rajanya Diesel" dan terus berjaya di kelasnya. Bisa dibilang Isuzu Panther merupakan pesaing Toyota Kijang. Bahkan pemain kawakan semacam Toyota Kijang pun belum bisa berbuat banyak bila berhadapan langsung dengan Isuzu Panther pada kelas diesel.
Mesin Panther terkenal bandel dan ekonomis. Suspensinya empuk dan dianggap cocok untuk kondisi jalan di Indonesia. Apalagi perubahan musim yang tak menentu. Hujan lebat bisa tiba-tiba menimbulkan banjir. Dibanding mesin bensin, mesin diesel terbukti lebih irit, murah dan waterproof (tahan air). Selain itu tren biodiesel baru-baru ini membuat mesin diesel kembali naik daun. Sudah banyak teknologi biodiesel yang diterapkan energi alternatif dan anda berpeluang mencoba bahan bakar masa depan itu dengan memiliki mobil bermesin diesel seperti Panther.
Dan satu lagi, Panther memiliki AC yang sangat dingin sehingga membuatnya nyaman dikendarai pada kondisi tropis. Torsi yang sangat besar membuat AC kapasitas besar bisa dipasang. Inilah yang membuat AC Panther terkenal dingin. Sejak 1996, sudah menggunakan teknologi direct injection membuatnya tak perlu pemanas solar saat dihidupkan dalam kondisi dingin. Masalah sparepart juga tak perlu dikhawatirkan untuk jenis mobil ini karena banyak tersedia dan juga murah.



Isuzu Panther memiliki banyak macam varian. Pada 2007, Panther mengeluarkan 7 varian, yaitu Smart, LV Adventure, LS, Touring, dan Grand Touring. Peraturan pemerintah tentang emisi gas buang yang harus naik EURO 2 membuat semua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter. Berikut beberapa tips untuk pembeli mobil Panther :

1. Filter : Perawatan utama mobil diesel adalah saringan udara. Gantilah semua saringan yang ada begitu mobil di tangan anda.

2. Spion : Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas karena konstruksinya kurang kuat. Karena sudah menggunakan sistem elektrik, harganya lumayan mahal. Jadi pastikan spion dalam kondisi baik.

3. Transmisi : Jika transmisi matik masih berfungsi dengan baik, mintalah bukti kepada penjual kalau ia rajin mengganti oli-nya. Sebab jika tidak, biaya perbaikannya cukup mahal. Tapi bisa juga dicermati saat test drive.

4. Sokbreker Belakang : Tak seperti pendahulunya di mana sokbreker depan sering rusak, pada Panther Kapsul justru sokbreker belakang yang lemah. Untunglah harganya tak terlalu menguras kantung dan tersedia berbagai produk aftermarket.

PLUS

  • Mesin kuat, bandel, dan ekonomis
  • Suspensi empuk
  • Irit BBM
  • AC sangat dingin
  • Sudah menggunakan teknologi direct injection
  • Sparepart banyak tersedia dan murah
  • Banyak varian
  • Semua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter

MINUS

  • Mesin agak berisik
  • Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas
  • Biaya perbaikan varian transmisi matik mahal
  • Sokbreker belakang lemah

keunggulan dan kelemahan isuzu panther

toyota kijang: dari generasi ke generasi

toyota kijang: dari generasi ke generasi


Toyota Kijang

Toyota Kijang adalah model kendaraan niaga dan keluarga buatan Toyota yang merupakan kendaraan paling populer di kelasnya di Indonesia. Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1977 dan saat ini merupakan model Toyota yang paling laku di Indonesia. Kini mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia.
Kesuksesan Kijang telah mengakibatkan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsepnya (terutama dari segi nama), misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda. Selain di Indonesia, sebelum hadirnya generasi “Innova”, Kijang juga dijual di Malaysia dengan nama “Unser”.

Generasi I (1977-1980)

Kijang pertama kali muncul pada tahun 1977. Saat diluncurkan, ada keraguan dari perancangnya sendiri apakah Kijang bisa diterima pasar karena saat itu Mitsubishi Colt masih dominan. Kijang ternyata menjadi populer. Generasi I merupakan kendaraan pickup dan berbentuk kotak. Model ini sering dijuluki “Kijang Buaya” karena kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang generasi ini diproduksi hingga tahun 1980.
Pada tahun pertama peluncurannya, produksi Kijang hanya 1.168 unit. Tahun berikutnya, 1978, jumlahnya meningkat menjadi 4.624 unit. Setelah itu, jumlah produksi Kijang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kehadiran Kijang sebagai kendaraan multifungsi atau serbaguna yang mudah perawatannya itu membuat permintaan terus meningkat.
Toyota Kijang lahir sebagai kendaraan dengan konsep Basic Utility Vehicle. Cocok sebagai kendaraan serba guna dan mudah untuk dirawat. Sejalan dengan regulasi pemerintah Indonesia yang menerapkan konsep pembangunan ekonomi melalui pengembangan motorisasi dan otomotiv di Indonesia khususnya melalui konsep Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS). Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1977, Kijang ini diproduksi hingga 1168 unit yang berkembang pada tahun berikutnya menjadi 4624 unit dan terus berkembang pada tahun-tahun selanjutnya pada masanya.
Bentuknya, mobil dengan kode KF10 ini nyaris berbentuk kotak buah yang ditempeli 4 buah roda dengan jendela dari samping dari terpal plastik. Kijang Generasi I ini dikenal masyarakat sebagai Kijang Buaya bukan karena dipakai untuk mengangkut kulit buaya. Namun model buka-tutup kap mesin depan pada hidung mobil (bonnet) yang mirip dengan mulut buaya bila kap mesin depan dibuka.
Rancangan awal kendaraan ini benar benar seadanya. Jangan bayangkan pintu elektrik type 807 yang lazim dikenal pada mobil-mobil sekarang yang bisa dibuka dengan satu sentuhan tombol. Kijang ini memiliki pintu yang seolah-olah ditempelkan begitu saja dengan badannya dengan engsel pintu yang mirip engsel pintu rumah yang berbunyi mendecit bila dibuka.Terlebih lagi pada saat itu, pintu mobil tidak dilengkapi kunci terlebih-lebih alarm sebagai sistem keamanannya meski pada generasi selanjutnya yang sudah dimodifikasi, dilengkapi dengan kunci pintu serta engkol pintu yang masih mirip pintu rumah serta kaca pada pintu mobil.
Posisi pengemudi pada kijang ini terletak terlalu ketengah dengan tongkat perseneling untuk transmisi mesin yang sulit dijangkau. Mesin yang digunakan menggunakan mesin Corolla pada zamannya dengan tipe 3k berkapasitas 1200 cc dengan transmisi 4 percepatan.
Selain keluar dengan tipe mobil bak terbuka (pick up), mobil kijang ini dimodifikasi menjadi mobil penumpang terutama dilakukan oleh perusahaan perusahaan karoseri mobil seperti halnya mobil mobil niaga pada masa itu yakni rancangan bodi tidak ditangani pabriknya langsung. Sebagai contoh, mobil ini digunakan sebagai mobil penumpang angkutan umum di kota Balikpapan pada tahun-tahun 1980-1986.

Generasi II (1981-1985)

Generasi II mulai dijual pada September 1981. Bentuk model ini tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun memiliki beberapa perubahan yaitu peningkatan kapasitas silinder mesin menjadi 1.300 cc (naik 100 cc). Kapasitas ini kemudian dinaikkan lagi hingga 1.500 cc.
Mobil ini, walaupun disebut sebut memiliki banyak perubahan, bentuknya masih ada kesamaan dengan kijang buaya. Lampu mobil masih bulat di samping depan kanan-kiri dan gril masih sederhana dengan tulisan TOYOTA pada bagian depan. Garis pada bonnet juga masih simpel dan curam. Meski bukaan pada tutup kap mesin tidak lagi bukaan penuh hingga bagian tepi hidung mobil (bonnet) seperti halnya kijang sebelumnya.
Mobil dengan kode rangka KF20 ini akrab sebagai Doyok (sebutan bagi sebuah serial kartun bertokoh Doyok pada harian pos kota) sehingga dikenal juga sebagai Kijang Doyok. Pintu lebih manis dengan dilengkapi kaca dengan engsel tidak lagi mirip engsel pintu rumah dan dilengkapi kunci pada tahun 1982. Dengan mesin 4K berkapasitas 1300 cc, transmisi masih 4 percepatan. Suspensi masih double wishbone dengan per daun pada bagian depan dan per daun under axle (dibawah gardan) pada bagian belakang mobil.
Perjalanan mobil ini juga diiringi perkembangan baru seperti halnya disempurnakannya transmisi dan diferential sekaligus menambah booster rem pada tahun 1983. Toyota juga dikenal dalam perencanaan produknya sampai 5 tahun berikutnya yang dapat dilihat melalui pengembangan mobil ini. Pada tahun 1984 mengadakan perubahan pada gril dan bumper.
Sampai tahun 1985, permintaan mobil ini tetap tinggi, sampai akhirnya Toyota melakukan perubahan pada mesin yang kemudian memakai tipe 5K dengan kapasitas 1500 cc namun irit dalam pemakaian.

Generasi III (1986-1996)

Pada tahun 1986 model generasi ketiga dilempar ke pasaran. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. Model ini hingga saat ini masih banyak digunakan di jalanan di Indonesia meski tidak lagi diproduksi.
Pada generasi ini, konsep kijang sebagai kendaraan angkut mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang sekalipun banyak Kijang generasi sebelumnya juga dimodifikasi sebagai kendaraan penumpang. Pada masa ini, bisa dikatakan sebagai generasi kejayaan Kijang sebagai mobil penumpang, terutama sebelum banyak mobil penumpang Built Up impor meramaikan pasar kendaraan di Indonesia serta puncak dominasi Toyota atas model-model kuat seperti Mitsubishi Colt L300 dan minibus tanpa bonnet lainnya seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Zebra dimana Kijang menjadi pilihan kuat konsumen saat itu. Toyota mengeluarkan dua tipe Kijang pada generasi ini yakni tipe Kijang Super (1986-1992) dan Kijang Grand (1992-1996) dengan memiliki life cycle cukup panjang (hampir satu dekade) dibandingkan generasi lalu.
Desain mobil ini memiliki bentuk lebih manis dan halus dibandingkan generasi lalu yang kaku mirip kotak sabun. Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan penggunaan dempul dalam proses pembuatannya hingga 2-5 kg dempul per mobil. Mesin masih memakai tipe 5K namun memiliki daya kuda (horse power) yang lebih tinggi yakni 63 hp dari sebelumnya 61 hp. Transmisi menggunakan 5 percepatan, yang sebelumnya memakai 4 percepatan.
Setelah Agustus 1992, Toyota memasuki generasi perbaikan bodi mobil yang disebut sebagai Toyota Original Body. Sebuah proses pembuatan bodi mobil dengan mesin press dan metode las titik. Sampai saat ini, bisa dikatakan satu-satunya Kijang yang bebas dempul.
Sementara untuk versi Grand terdapat berbagai perubahan khususnya pada lampu depan, gril dan penambahan double blower juga ditambahkan power steering pada kemudi yang meringankan pengemudi. Dan sampai saat ini, Kijang jenis ini (Super maupun Grand) masih banyak di pasaran konsumen dan masih dihargai mahal.

Generasi IV (1997-2004)



Setelah sepuluh tahun bertahan dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan perubahan pada eksterior dan interiornya yang lebih aerodinamis. Model ini akrab dipanggil “Kijang Kapsul”.
Mulai generasi keempat kijang ini, dominasi Jepang semakin besar. Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya. Pada kijang yang dikenal sebagai kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua tipe mesin yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi-generasi sebelumnya dan Mesin diesel 2500cc (tipe 2L) yang membuat persaingan dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu mendominasi pasaran.
Pada Kijang versi tahun 1997-2000, mesin bensin menggunakan karburator, baru pada akhir tahun 2000 tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Electronic Fuel Injection(EFI). Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K-E dengan kapasitas 1800cc dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000 cc. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin 7K-E, namun mesin bensin 2000cc ini kurang laku di pasaran indonesia karena bahan bakarnya dinilai lebih boros dibandingkan dengan tipe 7K-E.
Dan terakhir pada generasi ini muncul New Kijang dengan merubah desain lampu dan seatbelt (sabuk pengaman) pada jok penumpang bagian tengah. Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya.

Generasi V (2004-saat ini)


Kijang Innova (Generasi Terakhir)
Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dijual dengan nama “Kijang Innova”. Selain di Indonesia, model ini juga dijual di luar negeri dengan nama “Innova” (tanpa “Kijang”). Model ini mengalami perubahan yang cukup besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Jika konsep awal Kijang generasi pertama adalah basic utility vehicles atau kendaraan sederhana, maka Kijang generasi V ini bukanlah kendaraan sederhana lagi namun dapat dikategorikan sebagai kendaraan mewah. Bentuknya sudah jauh lebih modern terutama bagian depannya yang tidak lagi menampakkan sisa-sisa bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.
Kijang ini dikeluarkan oleh Toyota Astra Motor pada akhir tahun 2004. Mobil ini keluar dengan model mobil keluarga masa kini dengan jenis MPV (Multi Purposes Vehicle) masa kini dengan bodi yang lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya dengan kenyamanan mobil sedan. Posisi pengendara cukup pas, letak shift knob terjangkau dan panel instrumen yang user friendly. Menggunakan Mesin VVT-i 2000 cc dengan type 1TR-FE 16 katup DOHC menggantikan tipe K/RZ pada generasi sebelumnya. Dirancang dengan sistem Direct Ignition System (DIS) dan penerapan teknologi pedal gas tanpa kabel atau throttle Control System-inteligent). Posisi mesin membujur dengan gerak roda belakang (rear wheel system).
Menggunakan suspensi independen double wishbone dengan 4 per keong (coil spring) ditampah lateral rod rigid axle pada bagian belakang yang meredam guncangan senyaman sedan. Sasis masih menggunakan ladder bar namun beban suspensi didistribusikan secara meratakeseluruh bodi mobil sehingga body roll dan pitching semakin kecil atau sudut geometri suspensi lebih bagus ketimbang kijang sebelumnya karena suspensi jatuh pada titik yang pas antara panjang dan lebar mobil.
Koreksi kemudi pada tikungan cukup akurat dan stabilitas arah yang lebih bagus karena menggunakan model rack-and-pinion dengan engine speed sensing power steering sehingga mobil mampu dikendalikan dalam kecepatan 120 km/j pada tikungan S maupun belokan memutar 270 derajat.

toyota kijang: dari generasi ke generasi

tips membeli mobil bekas

Tips Membeli Mobil Bekas


Tidak sedikit orang kecewa setelah membeli mobil bekas. Banyak orang tertipu karena ternyata mobil yang dibeli tidak dalam kondisi prima. Bagaimana caranya agar tidak kecewa membeli mobil bekas?

Bukan hal mudah membeli mobil bekas yang berkualitas. Apalagi saat ini makin banyak cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Mulai dari mobil yang dijual tapi bekas banjir, bekas tabrakan, hingga dokumen-dokumen ternyata palsu. Alhasil, banyak pembeli akhirnya kecewa padahal sudah mengeluarkan uang dengan jumlah tidak sedikit.

Sulitnya mengidentifikasi mobil bekas berkualitas prima juga dibenarkan oleh General Manager Mobil88 Fischer Lumbatoruan. "Identifikasi mobil bekas yang bagus itu susah. Sekarang bengkel, salon mobil, sudah semakin canggih. Mobil yang sudah seminggu terendam banjir, bisa disulap jadi terlihat bagus. Pembeli harus jeli, minimal belinya di tempat yang dipercaya," jelas Fischer, Kamis (26/2).

Fischer menambahkan mobil bekas paling riskan adalah yang pernah terendam banjir. Terutama di Jakarta, biasanya setelah banjir akan banyak mobil-mobil bekas yang dijual. Sayangnya mobil-mobil tersebut merupakan mobil bekas banjir. Mobil sekarang banyak yang menggunakan komponen elektrikal. Kalau terendam banjir komponen-komponen tersebut akan mudah korsleting.

"Misalnya komponen ICU yang sudah rusak terendam banjir. Kalau diganti mahal, biasanya pemain nakal itu cuma otak-atik saja. Sementara tidak terlihat tapi jangka panjang pembeli harus membayar mahal," tambah Fischer.

Karena tidak mudah, pembeli harus semakin waspada. Jangan sampai kecewa dan rugi jutaan rupiah karena tertipu. Irawan Kusumo, penjual mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, menyarankan agar pembeli tidak mudah tergiur harga murah.

"Biasanya di koran banyak yang menawarkan mobil bekas dengan harga miring. Mobkas yang murah itu biasanya ada apa-apanya. Bisa mobil bodong, bekas tabrakan, bekas banjir," jelas Irawan.

Meski sudah melakukan jual-beli mobil bekas selama 8 tahun lebih, tapi Irawan juga pernah tertipu. Dia mengaku sering ditawarkan mobil bekas ternyata tidak dalam kondisi prima. Untung saja, Irawan bisa mengecek kondisi mobil yang akan dia beli. "Saya harus beli yang benar-benar bagus karena mobilnya akan saya jual lagi," tandasnya.

Berdasarkan saran dari Fischer dan Irawan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas:

1. Jangan tergiur harga murah

Seperti yang dikatakan Irawan, saat ini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang murah. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan. Sebagian besar iklan di koran hasilnya mengecewakan.

2. Membeli di tempat yang dipercaya

Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat. Apalagi di tempat-tempa penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand dan memang bisa dipercaya. Tempat yang sudah memiliki brand (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

3. Jangan tergesa-gesa membeli

Seorang pembeli di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua mengatakan sebaiknya kalau membeli mobil bekas jangan membawa istri. Menurutnya, wanita biasanya memilih mobil secara emosional. Mudah tergoda dengan tampilan yang bagus. Padahal yang terlihat bagus bisa jadi cuma luarnya saja.

"Saya kalau membeli mobil bisa survey 2-3 kali. Awal-awal paling cuma bawa 500 ribu. Biar nggak tergoda," kata pembeli yang sudah dua kali membeli mobil bekas di WTC Mangga Dua.

4. Cek kondisi bodi

Perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang mungkin sudah diganti. Caranya bisa dengan mengecek di Google kondisi mobil baru tersebut. Lalu bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil. Misalnya pintu mobil apakah pernah diganti, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu. Bila beda, boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah.

5. Cek kondisi mesin

Untuk mengecek kondisi mesin dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal. Atau sebaiknya Anda perlu mengajak seorang teknisi untuk mengecek. Saat ini bengkel-bengkel mobil juga sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.

6. Cek dokumen kendaraan

Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda terdekat.


Tips Membeli Mobil Bekas

cara merawat mobil tua

cara merawat mobil tua


Sebuah kendaraan memang perlu perlakuan khusus agar kendaraan tersebut jadi lebih bertenaga, di zaman seperti ini banyak bermacam mobil dengan desain yang menarik dan juga mesin yang bagus, serta dilengkapi dengan asuransi mobil untuk mengantisipasi resiko kerugian akibat kecelakaan atau musibah yang di alami kendaraan tersebut, tapi jika anda lebih senang dengan mobil mobil tua dengan desain yang klasik dan dengan mesin yang sudah tua berikut ini tips merawat mobil tua untuk anda
  1. Mengganti oli mobil
Sebaiknya penggantian oli mobil dilakukan setiap 2.500km, agar performa mesin mobil tetap selalu terjaga dan dapat meringankan beban kinerja mesin mobil, terutama pada saat putaran tinggi. Disarankan agar memilih oli dengan jenis kekentalan 10-40 w atau bisa juga 15-40 w.
  1. Cek kabel
Hal ini sangat diperlukan agar tidak terjadi korsleting akibat kabel yang mengelupas atau rusak. Dan mengantisipasi terjadinya mogok saat di kendarai atau resiko kebakaran. Rapikan juga kabel yang berserakan atau tidak rapi, kalau terlihat kabel yang sudah getas atau mengelupas ganti saja agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

3. Pengecekan Mesin
Pengecekan mesin harus dillakukan agar mesin tetap terjaga saat berkendara, apalagi mobil anda mobil tua yang seing sekali mogok atau rusak. Perhatikan juga komponen komponennya seperti ring, piston, dan karet karet penyangga serta perhatikan juga bagian sistem pengapiannya jika ada komponen yang rusak atau sudah mulai melemah langsung ganti dengan komponen baru, karena ini mobil tua dan juga faktor usia mesin mobil.
  1. Perbaikan eksterior dan interior apabila diperlukan
Penggantian eksterior dan interior juga sangat di perlukan untuk memberi kenyamanan pada pengendara  atau penumpang, seperti mengganti jok mobil atau melakukan pengecatan ulang  jika cat sudah kusam atau memudar, namun apabila terkendala oleh biaya anda bisa gunakan coumpound untuk menjadikan mobil anda lebih mengkilap.
  1. Perhatikan kaki-kaki mobil
Kondisi kaki-kaki mobil berusia tua sebaiknya harus dalam kondisi prima seperti pada bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspensi dan karet stabilizer. Ini adalah cara agar tidak terjadi bunyi yang tidak diinginkan di sekitar bagian chasis mobil anda. Suara yang mengganggu pada mobil juga bisa terjadi akibat besi yang saling berhimpitan di antara kaki- kaki.


Incoming search terms:


cara merawat mobil tua

cepat hamil, penciptaan manusia

cara cepat hamil, penciptaan manusia


SUBHANALLAH, MENAKJUBKAN! **
"Video Proses Penciptaan Manusia dari Awal hingga Akhir"

Tahukah anda?

1.400 tahun silam, ketika teknologi manusia belum mampu melihat apa yang terjadi di dalam rahim seorang ibu,
Allah berfirman dan menjelaskan dengan sangat rinci tentang bagaimana proses penciptaan manusia dalam Al Quran surat Al-Mu’minun 12-14:
- Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
- Kemudian, air mani itu kami jadikan ‘alaqah.
- Lalu ‘alaqah itu Kami jadikan segumpal daging,
- dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang,
- lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging.
- Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain…
Urutan demi urutan itu disebutkan dengan sangat jelas dan sempurna tanpa terbalik dan tanpa satupun kesalahan..
Para ilmuan di bidang kedokteran yang di bantu teknologi sekali lagi membenarkan firman Allah sang maha pencipta...
Ini adalah video citra yang dihasilkan komputer atau computer-generated imagery (CGI) yang diunggah di Youtube pada Sabtu (3/11/2012)
Video ini memberi gambaran kepada kita mengenai apa yang sebenarnya terjadi selama kehamilan.
Kebesaran Allah dan keajaiban kehidupan akan terungkap tepat di depan mata kita.
Kita akan melihat kala bayi menjelma dari sebuah telur menjadi bayi dewasa yang siap untuk memulai hidupnya.
Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (Q.S. 41: 53)
===============
SUBHANALLAH !!!
Yuk Bagikan video ini...
Sebuah video yang menakjubkan yang bisa kita bagi dengan orang-orang tersayang kita sehingga mereka dapat memahami kebesaran Rabb semesta alam dalam proses penciptaan manusia.
Klik SUKA dan komentar SUBHANALLAH lalu BAGIKAN dengan Ikhlas.
=================
dipersembahkan oleh
Buku Dr. Rosdiana Ramli, Spog - Cara Cepat Hamil
(Dari facebook)



cara cepat hamil, penciptaan manusia

setting SMS Kartu Mentari

cara setting sms kartu mentari



Beberapa hari yang lalu saya mengalami gagal krim SMS. Setiap SMS yang saya kirim selalu gagal terkirim. Maklumlah anak-anak saya juga sering main hp, boleh jadi ada fitur yang diubah atau....
 
Mungkin anda pernah mengalami kesulitan untuk mengirim SMS (Short Message Service) di situ pesan yang anda kirimkan selalu gagal terkirim, padahal pada saat yang bersamaan teman anda yang menggunakan kartu selular yang sama dengan anda tidak mengalami masalah dalam berkirim sms.

Perlu anda perhatikan jika anda mengalami masalah seperti tersebut diatas, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya diantaranya: (1) ponsel anda bermasalah sehingga sinyalnya lemah sekali atau tidak dapat sinyal; (2) SMS Center (Pusat pesan SMS) anda tidak benar; (3) sebab-sebab yang lainnya misalnya pada ponsel Symbian/Java, sumber daya memori internal (memory resource)yg tersisa tinggal sedikit karena ponsel sudah lama dipakai untuk mengakses aplikasi2 yg memerlukan memori cukup besar misalnya untuk browsing atau main game.Jika hal ini yg anda alami,maka solusinya adalah anda harus me-restart (mematikan dan menyalakan kembali) ponsel anda.

Masalah yang paling sering dijumpai adalah masalah nomor 2 yaitu pusat pesan SMS yang tidak benar, penyebabnya biasanya akibat nomor pusat pesannya secara tidak sengaja telah berubah yang bisa disebabkan karena sering gonta-ganti kartu selular dari operator yang berbeda. Perlu diketahui bahwa SMS center tiap operator GSM adalah berbeda-beda. Khusus untuk semua operator CDMA (Flexi, fren, starone,esia dan lain2) pusat pesannya telah diatur diserver masing2 operator.

Bagaimana cara setting atau pengecekan Pusat pesan SMS? Untuk melakukan setting atau pengecekan pusat pesan SMS secara umum kita harus masuk Pesan-Pengaturan Pesan-Pusat pesan-kemudian ketikkan nomor pusat pesan sesuai dengan kartu yang anda pakai. Misalnya kita memakai kartu Mentari dari Indosat, maka pusat pesannya harus +62816124.

Berikut ini beberapa contoh setting atau pengecekan pusat pesan SMS pada beberapa jenis ponsel dengan menggunakan kartu Mentari:(1) Siemens C55
Menu> Pesan> Profil SMS> Profil 1> Pilihan> Ubah setting> Pusat Layanan> ketikkan +62816124> OK
(2) Nokia 2610
Menu> Olah Pesan> Pengaturan Pesan> Pesan teks> Pusat pesan> Pusat pesan>Nama pusat: Pusat pesan ; Nomor pusat: +62816124 > Simpan> Tetapkan sebagai pusat pesan default? > YaBerikut ini data pusat pesan (SMS Center) beberapa kartu GSM dari beberapa operator selular di Indonesia
(1) Mentari [Indosat] : +62816124
(2) IM3 [Indosat] : +62855000000(3) Simpati & Kartu As [Telkomsel] : +6281100000(4) XL [Excelcomindo] : +62818445009(5) Three [Hutchinson] : +6289644000001(6) Axis [Lippo Tel] : +628315000032Dengan mengetahui nomor-nomor SMS Center tersebut diharapkan anda tidak lagi kebingungan jika suatu saat anda mengalami masalah dalam pengiriman sms, terutama yang disebabkan oleh kesalahan setting nomor pusat pesan. 

 

SMS

Untuk setting SMS Center Number ;
  1. Pilih menu Message pada Hand phone
  2. Pilih Service Center atau Message Center
  3. Masukkan nomor Service Center yaitu: +62816124 atau +62855000000 (IM3 Ooredoo)
- See more at: http://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-messaging#sthash.Bzw5juZw.dpuf

SMS

Untuk setting SMS Center Number ;
  1. Pilih menu Message pada Hand phone
  2. Pilih Service Center atau Message Center
  3. Masukkan nomor Service Center yaitu: +62816124 atau +62855000000 (IM3 Ooredoo)
- See more at: http://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-messaging#sthash.Bzw5juZw.dpuf

cara setting sms kartu mentari

cara transfer pulsa XL

cara transfer pulsa XL

Cara Transfer Pulsa XL Ke Sesama Pengguna Kartu XL

Pada dasarnya ada dua cara berbagi atau mentransfer pulsa ke sesama pengguna kartu XL. Yaitu dengan cara lewat SMS atau lewat XL UMB (Universal Menu Browser). Untuk menggunakan fitur transfer pulsa ini, kamu akan dikenakan biaya. Besarnya biaya tergantung pulsa yang akan kamu transfer, dan biaya ini dibebankan kepada si penerima pulsa. Fitur transfer pulsa ini juga akan menambah masa aktif kartu si penerima pulsa.
Berikut adalah cara transfer pulsa XL

Transfer Pulsa XL Lewat SMS

  • Ketik BAGI(spasi)NOMORTUJUAN(spasi)NOMINALPULSA dan kirim ke 168
    Contoh: Kamu akan mentransfer pulsa ke pacar kamu sebesar 10000 (sepuluh ribu) dan nomornya adalah 0818323422, maka kamu harus ketik: BAGI 0818323422 10000 lalu kirim ke 168
Tunggu beberapa saat sampai ada konfirmasi/notifikasi dari 168 yang isinya kurang lebih begini:
  • Anda akan Bagi Pulsa sebesar Rp.10000 ke 0818323422. Balas dg ketik Y untuk melanjutkan.
  • Jika kamu mau lanjut, maka balaslah SMS notifikasi tadi dengan mengetikkan “Y” dan kirim ke 168.
Tunggu sampai ada konfirmasi lagi dari 168, notifikasi ini menyatakan transfer kamu berhasil atau tidak. Apabila berhasil pulsa kamu akan berkurang dan kamu akan mendapatkan SMS kurang lebih seperti ini.
  • Anda berhasil Bagi Pulsa ke 0818323422 sebesar Rp.10000 (termasuk biaya kirim)
Bila transfer pulsa kamu gagal, coba pastikan pulsa kamu cukup dan pulsa kamu harus tersisa tidak kurang dari Rp.5000 (lima ribu) setelah transfer.
Transfer lewat SMS ini tidak dikenakan biaya SMS alias gratis.

Transfer Pulsa XL Lewat XL UMB

  • Ketik *123*168# dan ikuti petunjuk yang muncul di layar HP kamu.
Notifikasi transfer pulsa yang akan kamu terima dengan cara UMB ini kurang lebih hampir sama dengan notifikasi transfer pulsa XL lewat SMS diatas.

Tabel Biaya Transfer Pulsa XL

Biaya transfer pulsa akan di bebankan kepada si penerima pulsa, lebih detil lihat perbandingan nilai pulsa yang dikirim dan diterima.


Nominal Pulsa DikirimMasa AktifBiayaNominal Pulsa Diterima
1.000-2.000 1 hari Rp.150 850 - 1.850
3.000-9.000 3 hari Rp.600 2.400 - 8.400
10.000-24.000 5 hari Rp.600 9.400 - 23.400
25.000-49.000 10 hari Rp.600 24.400 - 48.400
50.000-99.000 15 hari Rp.600 49.400 - 98.400
100.000-200.000 30 hari Rp.600 99.400 - 199.400

Kesimpulan Fitur Transfer Pulsa XL

  • Menambah masa aktif kartu si penerima pulsa.
  • Cara transfer XL UMB dan SMS tidak dikenakan biaya (gratis).
  • Biaya transfer di bebankan kepada si penerima pulsa.
  • Maksimal transfer perhari adalah 200.000 (dua ratus ribu)
  • Sisa pulsa si pengirim setelah transfer pulsa berhasil tidak boleh kurang dari Rp.5000 (lima ribu).

cara transfer pulsa XL

Postingan

MAWAMEDIA JAYAMUSTA BUANASIHA

 MAWAMEDIA JAYAMUSTA BUANASIHA PT. Mawamedia Jayamusta Buanasiha specializes in online journal publishing, focusing on providing a high-qua...