cara sederhana ternak perkutut

cara sederhana ternak perkutut, 
budidaya perkutut


Setelah beberapa kali melihat iklan on line seputar burung perkutut akhirnya saya memutuskan untuk berburu induk perkutut. Keberanian itu muncul karena dalam iklan tersebut, sang pemasang iklan cukup fleksibel. Calon pembeli diminta untuk mengamati terlebih dahulu, jika cocok silakan membeli. Sebenarnya saya sudah pernah menghubungi nomor telpon pengiklan, tetapi yang pertama saya akhirnya belum bisa menindaklanjuti. Saya harus membandingkan harga dan tawaran pada iklan sejenis yang lain. Hasil perbandingan itu akhirnya saya putuskan untuk menghubungi pengiklan yang tinggal di kota Denpasar., yang tidak terlalu jauh untuk dijangkau dari tempat tinggal saya. Ada dua pengiklan yang tinggal di Denpasar, tetapi yang satu ini relatif lebih dekat dari rumah saya dibandingkan yang satu lagi. Di samping itu dari segi penawaran harga juga jauh lebih tinggi, meskipun saya juga belum membandingkan dari segi kualitas burungnya. Pertimbangannya untuk pemula ya yang penting berujud burung terlebih dahulu. Peetimbangan lain ini sebagai uji coba, bagaimana lika-liku penangkar burung. 
Daya memang pernah menyilang burung derkuku dan burung puter beberapa tahun yang lalu. Tetapi sayang hanya sampai generasi pertama saja (sinom). Generasi kedua tidak dapat menetas. 

Singkat cerita saya sampai di lokasi peternak dan penjual. Saya lihat ada tiga pasang indukan dan beberapa ekor anakan. Saya memang tidak begitu memperdulikan kualitas suara perkutut itu. Yang saya pentingkan adalah burung perkutut itu sudah berjodoh dan siap untuk bertelur serta terjangkau dengan dompet saya sebagai pemula. Saya memang tidak mau berspekulasi dengan indukan super plus harga super, karena saya baru pemula. 

Sampai di lokasi saya malah jatuh hati kepada sepasang  perkutut yang ditempatkan di kandang (kurungan) kecil. Sangat kecil, menurut ukuran saya, baik untuk memelihara maupun untuk kandang penangkar. Bahkan dalam kandang kecil itu ada tiga ekor. Satunya adalah anaknya. Saya melihat satu induk saya mengerami telur. Yang membuat saya jatuh hati karena sederhanya kandang itu. Satu kandang kecil diisi tiga ekor (sepasang indukan) plus satu anak dan induknya sudah bertelur kembali dan saat ini sedang mengeram. 

http://bali-ofindonesia.blogspot.com
induk perkutut sedang mengerami telurnya dalam kandang yang sempit

Sang pemilik memberi pilihan untuk menunggu sampai menetas terlebih dahulu. Menurutnya sekitar seminggu lagi akan menetas. Memang tampaknya ia juga bukan penangkar profesional. Tidak ada catatan tentang tangal bertelur dan kapan menetas. Saya merasa bahwa dengan cara 'alamiahnya' toh burung itu dapat bertelur dan menetas serta membesarkan anak-anaknya secara alamiah'. Paling tidak ini yang membuat saya agak optimistis bahwa menangkar perkutut tidak serumit cerita orang, tetapi juga tidak semudah mengupas kacang.

Kandang kecil yang sudah jebol bagian bawahnya itu (diganti dengan ram kawat yang sudah berkarat pula) ditempelkan di tembok. Bagian atas ditutup dengan karung beras bekas. Rupanya untuk melindungi dari air hujan. Yang saya agak heran juga ternyata cukup aman dari gangguan kucing dan tikus. Kebetulan saat saya ada di lokasi untuk mengamati, ada seekor tikus got besar yang melintas dan memanjat tembok persis belakang kandang yang agak besar. 

Dari pengamatan dan kesederhanaan cara menangkar itulah yang membuat saya tertarik. Paling tidak simpulan sementara dengan cara yang sangat sederhana sekalipun, perkutut itu mau berkembang biak.  



cara ternak perkutut,
budidaya perkutut

tapakdara, khasiat tapakdara, bunga tapakdara

bunga tapak dara
tapakdara, khasiat tapakdara, bunga tapakdara


tapakdara: khasiat untuk kesehatan



Bunga Tapakdara atau nama ilmiahnya yaitu Catharanthus roseus banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman hias atau tumbuh liar sedemikian rupa di halaman dan sekitar kebun kita. Tapakdara memiliki 2 type bunga warna putih serta ungu.

Habitus dari tanaman ini yaitu :
Tumbuhan semak tegak yang bisa meraih ketinggian batang hingga 1 meter. Batang berbentuk  bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas serta bercabang dan berambut.

Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau serta diklasifikasikan berdaun tunggal. Bunganya yang indah menyerupai terompet dengan permukaan berbulu halus. Tiap-tiap kuntum bunga mempunyai 5 kelopak. Tapakdara juga mempunyai rumah biji yang berupa silindris menggantung pada batang. Penyebaran tumbuhan ini melalui biji.
Tapakdara yang masih tetap keluarga kamboja ini disangka datang dari Amerika Tengah serta India. Sumber lain mengatakan tapak dara datang dari Madagascar, karenanya orang-orang Eropa memberikannya julukan Madagascar Periwinkle. Hampir seluruh sisi tanaman tapak dara bermanfaat untuk kesehatan. Daunnya mengandung senyawa alkoloid yakni vinkristin serta vinblastin. Kedua senyawa ini berbentuk antineocristine yang ampuh melawan sel kanker.
Bagian tanaman lain seperti bunga, buah serta batang mengandung alkoloida catharantine yang di kenal sebagai anti kanker. Alkoloida catharantine mengandung zat yang sama dengan plasma sel kanker, bila dikonsumsi, sel kanker pada badan akan menyerapnya. Akhirnya, inti sel kanker akan tertekan serta menghilang.
Riset yang dikerjakan tim peruhaan obat dari USA Ely Lilly menyatakan tanaman tapak dara dapat dipakai juga sebagai pencegah serta penghilang sel kanker.
Terkecuali mengatasi kanker, senyawa leurisine serta vindoline yang dikandung tapak dara bisa dipakai juga sebagai pengganti insulin untuk pasien diabetes. Sedang zat aktif vinblastine serta vincristine diakui dapat menjinakkan leukemia, pembengkakan limpa, kanker payudara serta tumor ganas.

1. Diabetes mellitus (sakit gula/kencing manis)
Bahan : 10 – 16 lembar daun tapakdara
Cara membuat : di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas. Cara memakai : sesudah dingin diminum, diulangi hingga sembuh.

Bahan : 35 – 45 gr daun tapakdara kering, adas pulawaras Cara membuat : bahan itu di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas. Cara memakai : sesudah dingin diminum, diulangi hingga sembuh.
Bahan : 3 lembar daun tapakdara, 15 kuntum bunga tapakdara Cara membuat : di rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1, 5 gelas Cara memakai : diminum pagi serta sore sesudah makan.

2. Hipertensi (desakan darah tinggi)
Bahan : 15 – 20 gr daun tapakdara kering, 10 gr bunga krisan Cara bikin : di rebus dengan 2, 5 gelas air hingga mendidih serta disaring. Cara memakai : diminum setiap sore. Bahan : 7 lembar daun atau bunga tapakdara Cara bikin : diseduh dengan 1 gelas air serta dibiarkan sebagian waktu serta disaring. Cara memakai : diminum mendekati tidur.


3. Leukimia
Bahan : 20-25 gr daun tapakdara kering, adas pulawaras. Cara bikin : di rebus dengan 1 liter air serta disaring. Cara memakai : diminum 2 kali satu hari, pagi serta sore. Asma serta bronkhitis Bahan : 1 potong bonggol akar tapakdara Cara bikin : di rebus dengan 5 gelas air. Cara memakai : diminum 2 kali satu hari, pagi serta sore.


4. Demam
Bahan : 1 genggam (12 -20 gr) daun tapakdara, 3 potong batang serta akar tapakdara Cara bikin : di rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1, 5 gelas. Cara memakai : diminum pagi serta sore ditambah gula kelapa.


5. Radang Perut serta disentri
Bahan : 15 – 30 gr daun tapakdara kering Cara bikin : di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih.

Cara memakai : diminum pagi serta sore serta ditambah dengan gula kelapa.

6. Kurang darah
Bahan : 4 putik bunga tapakdara putih. Cara membuat : di rendam dengan 1 gelas air, lalu di taruh diluar rumah semalam. Cara memakai : diminum pagi hari serta dikerjakan dengan teratur.

Tangan gemetar
Bahan : 4 – 7 lembar daun tapakdara Cara bikin : diseduh dengan 1 gelas air panas serta disaring.

Cara memakai : diminum umum.

7. Gondong, bengkak, bisul serta borok
Bahan : 1 genggam daun tapakdara Cara bikin : ditumbuk halus. Langkah memakai : ditempelkan pada luka bakar.


8. Luka bakar
Bahan : sebagian daun tapak dara, 0, 5 genggam beras. Cara bikin : di rendam dengan air, lalu ditumbuk berbarengan hingga halus. Cara memakai : ditempelkan pada luka bakar.


9. Luka baru
Bahan : 2 – 5 lembar daun tapakdara Cara bikin : dikunyah hingga lembut. Cara memakai : ditempelkan pada luka baru.


10. Kanker.
Untuk pengobatan kanker, ambillah satu gengam daun tapak dara, campur buah plus kulit kayu pulasari serta gula merah/Jawa seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air. Sesudah air tinggal separuh, angkat. Minum pagi, siang serta malam hari semasing 1/2 gelas.


tapakdara: khasiat untuk kesehatan

mobil bekas: kiat membeli

kiat membeli mobil bekas

Selain mobil baru ternyata di Indonesia mobil bekas pun banyak peminatnya. Hal ini tidak lain karena harga yang ditawarkan mobil bekas jauh lebih murah dan sang pembeli menyukai model dari mobil bekas tersebut. Namun para pembeli seringkali kebingungan untuk memperhatikan aspek apa saja untuk membeli mobil bekas. Nah kali ini Mas Sena akan membagikan tips membeli mobil bekas buat pembaca semua, sehingga ketika anda ingin membeli mobil bekas anda bisa mendapatkan mobil bekas yang kondisinya bagus dan masih layak jalan. Sehingga uang yang anda keluarkan untuk membeli roda empat bekas tersebut tentunya tidak sia-sia dan sangat bermanfaat. 
Sebelum membaca kiat atau tips membeli mobil bekas tentunya anda pernah bingung kan bagaimana caranya memilih mobil bekas yang bagus? Karena seringkali pembeli mobil bekas luput untuk memperhatikan aspek-aspek yang penting yang harus diperhatikan sebelum memboyong mobil bekas tersebut ke rumah. Jika anda salah memilih maka tidak mobil bekas yang memiliki performa bagus yang anda dapatkan melainkan mobil bekas yang kesakitan yang harus sering anda bawa ke bengkel. Tentunya biaya perawatan untuk memperbaiki mobil bekas tersebut cukup besar. Oleh karena itu menurut Mas Sena penting sekali untuk mengetahui tips membeli mobil bekas biar anda bisa senang dan puas dengan mobil bekas yang anda beli.
Kiata atau tips membeli mobil bekas ini  terdiri dari beberapa bagian yang tentunya penting dan harus anda lakukan saat anda membeli mobil bekas. Keteledoran anda saat mengecek mobil bekas yang akan anda beli tentunya dapat berakibat fatal. Jika anda mempraktekkan tips membeli mobil bekas ini niscaya anda akan bisa mendapatkan mobil bekas yang kualitasnya bagus dan tentunya harganya pas di kantong anda. Apakah anda penasaran dengan tipsnya? 

Nah langsung saja yuk kita simak tipsnya:
– Browsing Internet
Sebelum anda membeli mobil bekas di dealer maupun perorangan, alangkah lebih baik anda sebelumnya menjelajah di internet terlebih dahulu untuk mencari mobil bekas yang anda inginkan. Karena di jaman digital ini sudah banyak para penjual mobil bekas yang memanfaatkan media internet untuk menjual mobil mereka. Anda bisa ketik “jual beli mobil bekas” di google untuk mencari mobil bekas yang anda inginkan. Dengan begitu anda bisa membandingkan harga mobil bekas dengan mudah.
– Melihat Langsung
Lalu tips membeli mobil bekas yang kedua adalah wajib hukumnya untuk melihat mobil bekas yang anda incar secara langsung. Karena jika anda melihat mobil bekas secara langsung anda bisa cek kondisi mobil secara detail karena anda mengamati sendiri mobil bekas tersebut. Jika anda menyukai mobil bekas dari Jepang anda bisa mencermati kondisi body mobil apakah ada tanda-tanda bekas kecelakaan di mobil tersebut.
– Mobil Toyota
Jika mobil bekas dari pabrikan Jepang yang anda incar maka anda bisa menomorduakan urusan mengenai mesinnya karena biasanya mobil pabrikan negara Sakura memiliki mesin yang cukup tangguh dan perawatannya yang cukup murah.
– Mobil Eropa
Namun lain halnya jika anda membeli mobil bekas dari pabrikan Eropa maupun Amerika. Kondisi dapur pacu mobil merupakan nomor satu yang wajib anda perhatikan. Karena kita tahu sendiri jika onderdil mesin tersebut memerlukan penggantian kita perlu menggantinya dengan onderdil mobil eropa ataupun amerika yang terkenal mahal.
– Amati seksama
Lalu tips membeli mobil bekas yang ke 5 adalah nyalakan mobil bekas yang anda incar tersebut seminimal-minimalnya lima menit. Saat mobil bekas tersebut menyala perhatikanlah knalpot. Jika mobil bekas tersebut bermesin diesel namun mengeluarkan asap alangkah baiknya anda langsung meninggalkan mobil tersebut.
– Kemudian dengarkanlah suara deru mobil bekas saat dinyalakan. Jika anda mendengar suara yang aneh sedikit saja jangan sungkan untuk langsung bertanya kepada dealer atau orang yang menjualnya kalau mobil tersebut dijual secara perorangan.
– Ajak jalan-jalan sebentar mobil bekas yang anda incar tersebut. Jika sesuatu yang tak beres terjadi dengan mobil bekas tersebut orang awam yang bukan teknisi mobil pun pasti bisa mengetahuinya.
– Pembeli disini harus rajin menanyakan mobil bekas yang diincarnya kepada penjual. Anda harus menanyakan semua kondisi mobil yang dirasa anda ganjil kepada penjual sehingga semua pertanyaan anda bisa terjawab.
– Jangan lupa untuk memeriksa semua kelengkapan surat baik itu STNK, BPKB, faktur pembelian (asli), dan dokumen-dokumen. Kemudian konfirmasikan ke Kepolisian sesuai dengan plat nomornya. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil bekas tersebut hasil curian atau bukan.
– Tips membeli mobil bekas yang terakhir adalah anda harus bijaksana dalam memilih cara pembayaran. Sekarang ini dealer mobil bekas kebanyakan sudah melayani pembayaran dengan secara kredit. Anda harus berhati-hati dalam menentukan cara pembayaran yang tepat agar tidak memberatkan anda dikemudian hari.


kiat membeli mobil bekas

isuzu panther : generasi demi generasi

isuzu: dari generasi ke generasi


Isuzu Panther adalah mobil jenis MPV (mobil keluarga) yang dikeluarkan Isuzu Indonesia mulai tahun 1991 sampai sekarang. Kendaraan menggunakan bahan bakar solar sehingga membuat mobil ini cukup tangguh bekerja dalam waktu yang lama dan menempuh perjalanan jauh.
Isuzu Panther termasuk mobil yang sangat digemari dari awal keluar sampai sekarang meskipun harga mobil ini tidak bisa dibilang murah (varian terbaru 284 juta rupiah harga barunya) Kemampuan mesin dan konsumsi bahan bakar yang irit membuat banyak orang terutama yang membutuhkan mobil pekerja memilih panther sebagai alat transportasinya. Mobil bensin dianggap tidak akan mampu melakukan kerja-kerja mobil diesel (misalnya untuk perjalanan panjang sampai berhari-hari).
Karakter mesin panther mirip dengan mesin bus yang tahan lama dan sangat kuat bekerja, akan tetapi memang memiliki kelemahan pada akselerasi atau percepatan dari kecepatan 0 menuju top speed. selanjutnya tentang mesin diesel bisa dibaca pada artikel sebelumnya keunggulan mesin diesel vs mesin bensin

Isuzu Panther sampai saat ini terbagi dalam 4 generasi dimana generasi pertama adalah tahun 1991-1996, generasi kedua keluar tahun 1996-2000, generasi ketiga keluar tahun 2000-2005 dan generasi keempat keluar tahun 2005 sampai sekarang 2014. Perbedaan kemampuan mesin yang signifikan adalah pada peralihan panther generasi pertama ke generasi kedua karena mesin yang dipakai juga sudah berbeda. Di bawah ini adalah spesifikasi Isuzu Panther dari berbagai generasi: 

Isuzu Panther tahun 1991-1996 (generasi I)
Tahun ini adalah tahun pertama kali panther keluar dan bersaing ketat dengan toyota kijang (kijang super dan kijang extra), berikut speknya:
* Kapasitas ruang bakar : 2238 cc
* Jumlah silinder : 4
* Teknologi pasokan bahan bakar : OHV Indirect Injection
* Kode mesin : C223
* Kode bodi : TBR52
* Daya maksimum : 60 dk/ 4300 rpm
Varian yang keluar untuk generasi I ini ada 6 varian kami urutkan dari yang tertinggi ke paling rendah:
- Isuzu Panther Hi-Grade
- Isuzu Panther Grand Deluxe
- Isuzu Panther Deluxe (Total Assy)
- Isuzu Panther Standart
- Isuzu Panther Bravo
- Isuzu Panther Miyabi

Isuzu Panther tahun 1996-2000 (generasi II)
* Memakai mesin berkapasitas silinder 2500 cc (berbeda dengan generasi sebelumnya yang hanya 2238cc)
* Jumlah silinder : 4 buah
* Teknologi pasokan BBM : OHV Direct Injection (berbeda dengan panther 1991-1996), dimana dengan teknologi Direct Injection ini mobil akan tetap mudah dihidupkan meskipun dalam cuaca dingijn/ ekstrim dimana kita tahu permasalahan mesin diesel konvensional adalah sulit di starter saat suhu dingin misalnya sehabis kehujanan lebat
* Tenaga maksimum : 86 dk pada putaran mesin 3900 Rpm, sangat jauh berbeda dengan isuzu panther generasi pertama
* Kode mesin : 4ja1
* kode bodi : TBR54
Varian panther generasi ke dua ini ada 8, berikut kami urutkan ke 8 varian panther mulai dari varian tertinggi:
- Isuzu Panther New Hi-Grade yang keluar tahun 1997 sampai 2001
- Isuzu Panther Hi-Grade keluar di tahun awal-awal yakni 1996 sampai 1997
- Isuzu Panther Hi-Sporty yang keluar tahun 1996 sampai tahun 2000
- Isuzu Panther New Royal keluar tahun 1997 sampai 2001
- Isuzu Panther Grand Royal mulai 1996 sampai 1997
- Isuzu Panther Royal keluar tahun 1996 sampai 1998
- Isuzu Panther Deluxe tahun 1996 sampai 1998
- Isuzu Panther Standar
 


Isuzu Panther tahun 2000-2005 (generasi III)
Nah pada Isuzu Panther generasi 3 ini juga dikenal dengan New Panther, perubahan dari generasi 2 adalah pada sistem transmisi yang sebagian sudah menggunakan transmisi matic dan penggunaan turbo diesel (untuk varian panther touring karena regulasi pemerintah memenuhi standar euro3).

Berikut spesifikasinya:
* Kapasitas ruang bakar : 2500 cc
* Jumlah silinder : 4
* Pasokan BBM : OHV Direct Injection
* Teknologi mesin tambahan : Turbo Diesel (varian touring)
* Tenaga maksimum mobil : 86 dk
* Kode bodi : TBR541
* Kode mesin : 4ja1
* Sistem transmisi : manual, matic
Varian untuk panther tahun 2000-2005 ini ada 8 yakni (diurutkan dari varian teratas) :
- Isuzu Panther Grand Touring
- Isuzu Panther Touring
- Isuzu Panther LS Hi-Grade
- Isuzu Panther SS
- Isuzu Panther LV
- Isuzu Panther SV
- Isuzu Panther LM (Smart Long)
- Isuzu Panther SM (Smart Short)
 


Isuzu Panther tahun 2005-Sekarang (generasi IV)
Pada generasi ini Isuzu Panther juga dikenal dengan nama Isuzu Panther Facelift, karena pada tahun ini Isuzu mengubah penampilan panther eksteriornya dan interiornya sehingga nampak lebih nyaman dan modern karena sudah sesuai dengan standar Eropa (euro).
Isuzu panther generasi 4 ini terbagi menjadi 3 berdasarkan standarisasinya yakni facelift I yang keluar tahun 2005-2009, facelift II yang keluar dari tahun 2009 sampai 2013 dan facelift 3 yang keluar 2013 sampai (sekarang).

Perubahan-perubahan ini terjadi pada ornamen-ornamen eksterior dan interiornya seperti misalnya pada bumper, grill, headlamp, foglam, dan lain-lain. Untuk varian tertingginya masih dipegang oleh Isuzu Panther Grand Touring.

Kelebihan dan Kelemahan 
Kelebihan Isuzu panther adalah kemampuan mesin yang handal, torsi yang besar, daya tahan mesin yang tangguh, daya muat penumpang yang besar (bisa 9 orang), suku cadang masih sangat banyak, irit bahan bakar, harga jual kembali yang stabil.

Sedangkan kelemahan Isuzu panther adalah:
- Suara mobil yang berisik
- Getaran mobil relatif besar (maklum mesin diesel)
- Polusi yang cukup banyak terutama untuk produk lama (perlu diservice)
- Suspensi belakang sering terlalu empuk sehingga kadang-kadang limbung

mobil isuzu: dari generasi ke generasi

keunggulan dan kelemahan isuzu panther

keunggulan dan kelemahan isuzu panther


Mesin diesel dikenal sebagai mesin yang kuat, andal, bebas perawatan, tapi juga agak berisik. Isuzu Panther dikenal dengan "Rajanya Diesel" dan terus berjaya di kelasnya. Bisa dibilang Isuzu Panther merupakan pesaing Toyota Kijang. Bahkan pemain kawakan semacam Toyota Kijang pun belum bisa berbuat banyak bila berhadapan langsung dengan Isuzu Panther pada kelas diesel.
Mesin Panther terkenal bandel dan ekonomis. Suspensinya empuk dan dianggap cocok untuk kondisi jalan di Indonesia. Apalagi perubahan musim yang tak menentu. Hujan lebat bisa tiba-tiba menimbulkan banjir. Dibanding mesin bensin, mesin diesel terbukti lebih irit, murah dan waterproof (tahan air). Selain itu tren biodiesel baru-baru ini membuat mesin diesel kembali naik daun. Sudah banyak teknologi biodiesel yang diterapkan energi alternatif dan anda berpeluang mencoba bahan bakar masa depan itu dengan memiliki mobil bermesin diesel seperti Panther.
Dan satu lagi, Panther memiliki AC yang sangat dingin sehingga membuatnya nyaman dikendarai pada kondisi tropis. Torsi yang sangat besar membuat AC kapasitas besar bisa dipasang. Inilah yang membuat AC Panther terkenal dingin. Sejak 1996, sudah menggunakan teknologi direct injection membuatnya tak perlu pemanas solar saat dihidupkan dalam kondisi dingin. Masalah sparepart juga tak perlu dikhawatirkan untuk jenis mobil ini karena banyak tersedia dan juga murah.



Isuzu Panther memiliki banyak macam varian. Pada 2007, Panther mengeluarkan 7 varian, yaitu Smart, LV Adventure, LS, Touring, dan Grand Touring. Peraturan pemerintah tentang emisi gas buang yang harus naik EURO 2 membuat semua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter. Berikut beberapa tips untuk pembeli mobil Panther :

1. Filter : Perawatan utama mobil diesel adalah saringan udara. Gantilah semua saringan yang ada begitu mobil di tangan anda.

2. Spion : Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas karena konstruksinya kurang kuat. Karena sudah menggunakan sistem elektrik, harganya lumayan mahal. Jadi pastikan spion dalam kondisi baik.

3. Transmisi : Jika transmisi matik masih berfungsi dengan baik, mintalah bukti kepada penjual kalau ia rajin mengganti oli-nya. Sebab jika tidak, biaya perbaikannya cukup mahal. Tapi bisa juga dicermati saat test drive.

4. Sokbreker Belakang : Tak seperti pendahulunya di mana sokbreker depan sering rusak, pada Panther Kapsul justru sokbreker belakang yang lemah. Untunglah harganya tak terlalu menguras kantung dan tersedia berbagai produk aftermarket.

PLUS

  • Mesin kuat, bandel, dan ekonomis
  • Suspensi empuk
  • Irit BBM
  • AC sangat dingin
  • Sudah menggunakan teknologi direct injection
  • Sparepart banyak tersedia dan murah
  • Banyak varian
  • Semua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter

MINUS

  • Mesin agak berisik
  • Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas
  • Biaya perbaikan varian transmisi matik mahal
  • Sokbreker belakang lemah

keunggulan dan kelemahan isuzu panther

toyota kijang: dari generasi ke generasi

toyota kijang: dari generasi ke generasi


Toyota Kijang

Toyota Kijang adalah model kendaraan niaga dan keluarga buatan Toyota yang merupakan kendaraan paling populer di kelasnya di Indonesia. Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1977 dan saat ini merupakan model Toyota yang paling laku di Indonesia. Kini mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia.
Kesuksesan Kijang telah mengakibatkan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsepnya (terutama dari segi nama), misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda. Selain di Indonesia, sebelum hadirnya generasi “Innova”, Kijang juga dijual di Malaysia dengan nama “Unser”.

Generasi I (1977-1980)

Kijang pertama kali muncul pada tahun 1977. Saat diluncurkan, ada keraguan dari perancangnya sendiri apakah Kijang bisa diterima pasar karena saat itu Mitsubishi Colt masih dominan. Kijang ternyata menjadi populer. Generasi I merupakan kendaraan pickup dan berbentuk kotak. Model ini sering dijuluki “Kijang Buaya” karena kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang generasi ini diproduksi hingga tahun 1980.
Pada tahun pertama peluncurannya, produksi Kijang hanya 1.168 unit. Tahun berikutnya, 1978, jumlahnya meningkat menjadi 4.624 unit. Setelah itu, jumlah produksi Kijang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kehadiran Kijang sebagai kendaraan multifungsi atau serbaguna yang mudah perawatannya itu membuat permintaan terus meningkat.
Toyota Kijang lahir sebagai kendaraan dengan konsep Basic Utility Vehicle. Cocok sebagai kendaraan serba guna dan mudah untuk dirawat. Sejalan dengan regulasi pemerintah Indonesia yang menerapkan konsep pembangunan ekonomi melalui pengembangan motorisasi dan otomotiv di Indonesia khususnya melalui konsep Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS). Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1977, Kijang ini diproduksi hingga 1168 unit yang berkembang pada tahun berikutnya menjadi 4624 unit dan terus berkembang pada tahun-tahun selanjutnya pada masanya.
Bentuknya, mobil dengan kode KF10 ini nyaris berbentuk kotak buah yang ditempeli 4 buah roda dengan jendela dari samping dari terpal plastik. Kijang Generasi I ini dikenal masyarakat sebagai Kijang Buaya bukan karena dipakai untuk mengangkut kulit buaya. Namun model buka-tutup kap mesin depan pada hidung mobil (bonnet) yang mirip dengan mulut buaya bila kap mesin depan dibuka.
Rancangan awal kendaraan ini benar benar seadanya. Jangan bayangkan pintu elektrik type 807 yang lazim dikenal pada mobil-mobil sekarang yang bisa dibuka dengan satu sentuhan tombol. Kijang ini memiliki pintu yang seolah-olah ditempelkan begitu saja dengan badannya dengan engsel pintu yang mirip engsel pintu rumah yang berbunyi mendecit bila dibuka.Terlebih lagi pada saat itu, pintu mobil tidak dilengkapi kunci terlebih-lebih alarm sebagai sistem keamanannya meski pada generasi selanjutnya yang sudah dimodifikasi, dilengkapi dengan kunci pintu serta engkol pintu yang masih mirip pintu rumah serta kaca pada pintu mobil.
Posisi pengemudi pada kijang ini terletak terlalu ketengah dengan tongkat perseneling untuk transmisi mesin yang sulit dijangkau. Mesin yang digunakan menggunakan mesin Corolla pada zamannya dengan tipe 3k berkapasitas 1200 cc dengan transmisi 4 percepatan.
Selain keluar dengan tipe mobil bak terbuka (pick up), mobil kijang ini dimodifikasi menjadi mobil penumpang terutama dilakukan oleh perusahaan perusahaan karoseri mobil seperti halnya mobil mobil niaga pada masa itu yakni rancangan bodi tidak ditangani pabriknya langsung. Sebagai contoh, mobil ini digunakan sebagai mobil penumpang angkutan umum di kota Balikpapan pada tahun-tahun 1980-1986.

Generasi II (1981-1985)

Generasi II mulai dijual pada September 1981. Bentuk model ini tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun memiliki beberapa perubahan yaitu peningkatan kapasitas silinder mesin menjadi 1.300 cc (naik 100 cc). Kapasitas ini kemudian dinaikkan lagi hingga 1.500 cc.
Mobil ini, walaupun disebut sebut memiliki banyak perubahan, bentuknya masih ada kesamaan dengan kijang buaya. Lampu mobil masih bulat di samping depan kanan-kiri dan gril masih sederhana dengan tulisan TOYOTA pada bagian depan. Garis pada bonnet juga masih simpel dan curam. Meski bukaan pada tutup kap mesin tidak lagi bukaan penuh hingga bagian tepi hidung mobil (bonnet) seperti halnya kijang sebelumnya.
Mobil dengan kode rangka KF20 ini akrab sebagai Doyok (sebutan bagi sebuah serial kartun bertokoh Doyok pada harian pos kota) sehingga dikenal juga sebagai Kijang Doyok. Pintu lebih manis dengan dilengkapi kaca dengan engsel tidak lagi mirip engsel pintu rumah dan dilengkapi kunci pada tahun 1982. Dengan mesin 4K berkapasitas 1300 cc, transmisi masih 4 percepatan. Suspensi masih double wishbone dengan per daun pada bagian depan dan per daun under axle (dibawah gardan) pada bagian belakang mobil.
Perjalanan mobil ini juga diiringi perkembangan baru seperti halnya disempurnakannya transmisi dan diferential sekaligus menambah booster rem pada tahun 1983. Toyota juga dikenal dalam perencanaan produknya sampai 5 tahun berikutnya yang dapat dilihat melalui pengembangan mobil ini. Pada tahun 1984 mengadakan perubahan pada gril dan bumper.
Sampai tahun 1985, permintaan mobil ini tetap tinggi, sampai akhirnya Toyota melakukan perubahan pada mesin yang kemudian memakai tipe 5K dengan kapasitas 1500 cc namun irit dalam pemakaian.

Generasi III (1986-1996)

Pada tahun 1986 model generasi ketiga dilempar ke pasaran. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. Model ini hingga saat ini masih banyak digunakan di jalanan di Indonesia meski tidak lagi diproduksi.
Pada generasi ini, konsep kijang sebagai kendaraan angkut mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang sekalipun banyak Kijang generasi sebelumnya juga dimodifikasi sebagai kendaraan penumpang. Pada masa ini, bisa dikatakan sebagai generasi kejayaan Kijang sebagai mobil penumpang, terutama sebelum banyak mobil penumpang Built Up impor meramaikan pasar kendaraan di Indonesia serta puncak dominasi Toyota atas model-model kuat seperti Mitsubishi Colt L300 dan minibus tanpa bonnet lainnya seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Zebra dimana Kijang menjadi pilihan kuat konsumen saat itu. Toyota mengeluarkan dua tipe Kijang pada generasi ini yakni tipe Kijang Super (1986-1992) dan Kijang Grand (1992-1996) dengan memiliki life cycle cukup panjang (hampir satu dekade) dibandingkan generasi lalu.
Desain mobil ini memiliki bentuk lebih manis dan halus dibandingkan generasi lalu yang kaku mirip kotak sabun. Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan penggunaan dempul dalam proses pembuatannya hingga 2-5 kg dempul per mobil. Mesin masih memakai tipe 5K namun memiliki daya kuda (horse power) yang lebih tinggi yakni 63 hp dari sebelumnya 61 hp. Transmisi menggunakan 5 percepatan, yang sebelumnya memakai 4 percepatan.
Setelah Agustus 1992, Toyota memasuki generasi perbaikan bodi mobil yang disebut sebagai Toyota Original Body. Sebuah proses pembuatan bodi mobil dengan mesin press dan metode las titik. Sampai saat ini, bisa dikatakan satu-satunya Kijang yang bebas dempul.
Sementara untuk versi Grand terdapat berbagai perubahan khususnya pada lampu depan, gril dan penambahan double blower juga ditambahkan power steering pada kemudi yang meringankan pengemudi. Dan sampai saat ini, Kijang jenis ini (Super maupun Grand) masih banyak di pasaran konsumen dan masih dihargai mahal.

Generasi IV (1997-2004)



Setelah sepuluh tahun bertahan dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan perubahan pada eksterior dan interiornya yang lebih aerodinamis. Model ini akrab dipanggil “Kijang Kapsul”.
Mulai generasi keempat kijang ini, dominasi Jepang semakin besar. Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya. Pada kijang yang dikenal sebagai kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua tipe mesin yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi-generasi sebelumnya dan Mesin diesel 2500cc (tipe 2L) yang membuat persaingan dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu mendominasi pasaran.
Pada Kijang versi tahun 1997-2000, mesin bensin menggunakan karburator, baru pada akhir tahun 2000 tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Electronic Fuel Injection(EFI). Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K-E dengan kapasitas 1800cc dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000 cc. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin 7K-E, namun mesin bensin 2000cc ini kurang laku di pasaran indonesia karena bahan bakarnya dinilai lebih boros dibandingkan dengan tipe 7K-E.
Dan terakhir pada generasi ini muncul New Kijang dengan merubah desain lampu dan seatbelt (sabuk pengaman) pada jok penumpang bagian tengah. Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya.

Generasi V (2004-saat ini)


Kijang Innova (Generasi Terakhir)
Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dijual dengan nama “Kijang Innova”. Selain di Indonesia, model ini juga dijual di luar negeri dengan nama “Innova” (tanpa “Kijang”). Model ini mengalami perubahan yang cukup besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Jika konsep awal Kijang generasi pertama adalah basic utility vehicles atau kendaraan sederhana, maka Kijang generasi V ini bukanlah kendaraan sederhana lagi namun dapat dikategorikan sebagai kendaraan mewah. Bentuknya sudah jauh lebih modern terutama bagian depannya yang tidak lagi menampakkan sisa-sisa bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.
Kijang ini dikeluarkan oleh Toyota Astra Motor pada akhir tahun 2004. Mobil ini keluar dengan model mobil keluarga masa kini dengan jenis MPV (Multi Purposes Vehicle) masa kini dengan bodi yang lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya dengan kenyamanan mobil sedan. Posisi pengendara cukup pas, letak shift knob terjangkau dan panel instrumen yang user friendly. Menggunakan Mesin VVT-i 2000 cc dengan type 1TR-FE 16 katup DOHC menggantikan tipe K/RZ pada generasi sebelumnya. Dirancang dengan sistem Direct Ignition System (DIS) dan penerapan teknologi pedal gas tanpa kabel atau throttle Control System-inteligent). Posisi mesin membujur dengan gerak roda belakang (rear wheel system).
Menggunakan suspensi independen double wishbone dengan 4 per keong (coil spring) ditampah lateral rod rigid axle pada bagian belakang yang meredam guncangan senyaman sedan. Sasis masih menggunakan ladder bar namun beban suspensi didistribusikan secara meratakeseluruh bodi mobil sehingga body roll dan pitching semakin kecil atau sudut geometri suspensi lebih bagus ketimbang kijang sebelumnya karena suspensi jatuh pada titik yang pas antara panjang dan lebar mobil.
Koreksi kemudi pada tikungan cukup akurat dan stabilitas arah yang lebih bagus karena menggunakan model rack-and-pinion dengan engine speed sensing power steering sehingga mobil mampu dikendalikan dalam kecepatan 120 km/j pada tikungan S maupun belokan memutar 270 derajat.

toyota kijang: dari generasi ke generasi

tips membeli mobil bekas

Tips Membeli Mobil Bekas


Tidak sedikit orang kecewa setelah membeli mobil bekas. Banyak orang tertipu karena ternyata mobil yang dibeli tidak dalam kondisi prima. Bagaimana caranya agar tidak kecewa membeli mobil bekas?

Bukan hal mudah membeli mobil bekas yang berkualitas. Apalagi saat ini makin banyak cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Mulai dari mobil yang dijual tapi bekas banjir, bekas tabrakan, hingga dokumen-dokumen ternyata palsu. Alhasil, banyak pembeli akhirnya kecewa padahal sudah mengeluarkan uang dengan jumlah tidak sedikit.

Sulitnya mengidentifikasi mobil bekas berkualitas prima juga dibenarkan oleh General Manager Mobil88 Fischer Lumbatoruan. "Identifikasi mobil bekas yang bagus itu susah. Sekarang bengkel, salon mobil, sudah semakin canggih. Mobil yang sudah seminggu terendam banjir, bisa disulap jadi terlihat bagus. Pembeli harus jeli, minimal belinya di tempat yang dipercaya," jelas Fischer, Kamis (26/2).

Fischer menambahkan mobil bekas paling riskan adalah yang pernah terendam banjir. Terutama di Jakarta, biasanya setelah banjir akan banyak mobil-mobil bekas yang dijual. Sayangnya mobil-mobil tersebut merupakan mobil bekas banjir. Mobil sekarang banyak yang menggunakan komponen elektrikal. Kalau terendam banjir komponen-komponen tersebut akan mudah korsleting.

"Misalnya komponen ICU yang sudah rusak terendam banjir. Kalau diganti mahal, biasanya pemain nakal itu cuma otak-atik saja. Sementara tidak terlihat tapi jangka panjang pembeli harus membayar mahal," tambah Fischer.

Karena tidak mudah, pembeli harus semakin waspada. Jangan sampai kecewa dan rugi jutaan rupiah karena tertipu. Irawan Kusumo, penjual mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, menyarankan agar pembeli tidak mudah tergiur harga murah.

"Biasanya di koran banyak yang menawarkan mobil bekas dengan harga miring. Mobkas yang murah itu biasanya ada apa-apanya. Bisa mobil bodong, bekas tabrakan, bekas banjir," jelas Irawan.

Meski sudah melakukan jual-beli mobil bekas selama 8 tahun lebih, tapi Irawan juga pernah tertipu. Dia mengaku sering ditawarkan mobil bekas ternyata tidak dalam kondisi prima. Untung saja, Irawan bisa mengecek kondisi mobil yang akan dia beli. "Saya harus beli yang benar-benar bagus karena mobilnya akan saya jual lagi," tandasnya.

Berdasarkan saran dari Fischer dan Irawan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas:

1. Jangan tergiur harga murah

Seperti yang dikatakan Irawan, saat ini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang murah. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan. Sebagian besar iklan di koran hasilnya mengecewakan.

2. Membeli di tempat yang dipercaya

Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat. Apalagi di tempat-tempa penjualan yang ilegal dan tidak resmi. Belilah di tempat penjualan yang memang sudah memiliki brand dan memang bisa dipercaya. Tempat yang sudah memiliki brand (nama) akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak ingin dikomplain pembeli. Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil dibeli ternyata cacat. Mereka juga tidak sembarangan suplay mobil untuk dijual. Biasanya mereka suplay dari perusahaan-perusahaan produsen mobil yang sudah besar.

3. Jangan tergesa-gesa membeli

Seorang pembeli di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua mengatakan sebaiknya kalau membeli mobil bekas jangan membawa istri. Menurutnya, wanita biasanya memilih mobil secara emosional. Mudah tergoda dengan tampilan yang bagus. Padahal yang terlihat bagus bisa jadi cuma luarnya saja.

"Saya kalau membeli mobil bisa survey 2-3 kali. Awal-awal paling cuma bawa 500 ribu. Biar nggak tergoda," kata pembeli yang sudah dua kali membeli mobil bekas di WTC Mangga Dua.

4. Cek kondisi bodi

Perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang mungkin sudah diganti. Caranya bisa dengan mengecek di Google kondisi mobil baru tersebut. Lalu bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil. Misalnya pintu mobil apakah pernah diganti, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu. Bila beda, boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah.

5. Cek kondisi mesin

Untuk mengecek kondisi mesin dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal. Atau sebaiknya Anda perlu mengajak seorang teknisi untuk mengecek. Saat ini bengkel-bengkel mobil juga sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.

6. Cek dokumen kendaraan

Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda terdekat.


Tips Membeli Mobil Bekas

Postingan

MAWAMEDIA JAYAMUSTA BUANASIHA

 MAWAMEDIA JAYAMUSTA BUANASIHA PT. Mawamedia Jayamusta Buanasiha specializes in online journal publishing, focusing on providing a high-qua...