RANCANGAN
PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG
(2024-2027)
PWM BALI BIDANG PENDIDIKAN
Pendahuluan
Muhammadiyah Bali telah cukup berpengalaman merintis, mengeloal, dan mengembangkan lembaga pendidikan selama. Lembaga pendidikan dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, dan PTM (ITBM) telah dijalani. Bahkan akhirnya Persyarikatan Muhammadiyah Bali telah dijadikan semacam role model sehingga masyarakat secara umum telah belajar di Muhammadiyah, belajar dengan Muhammadiyah, dan belajar dari Muhammadiyah.
PTM Bali, ITBM Bali dengan tiga (3) Prodi yang ada dan lokasi kampus yang ada masih menyisakan peluang yang lebar bagi perintisan dan pengembangan PTM/A di Bali sebagai bagian dari pengembangan PTM/A Bali.
PROGRAM RINTISAN
Mengingat bahwa ITBM dengan Prodi BD, Prodi Kewirausahaan, Prodi Teknologi Pangan tampaknya belum mampu menjembanti minta masyarakat untuk melanjutkan studi di PT terutama PTMA di Bali. Studi kelayakan perintisan Prodi Baru layak dilakukan.
STIT SETARAMU BALI
Dengan tetap menjadi prinsip Catur Santun: maka 4 Prodi di bawah ini sepertinya layak untuk dikaji untuk memungkinkan dirintis keberadaannya.
I. PRODI PG PAUD
II. PRODI PG SD/MI
III. PRODI PAI
IV. PRODI MPI
=========================================================
I. PRODI S1 PG PAUD
A. Visi
“PG PAUD menjadi pusat pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan anak usia dini yang unggul, kreatif dan inovatif berdasarkan nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan”
B. Misi
1. Melaksanakan pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan anak usia dini, yang memiliki keunggulan akademik, etika, moral luhur, dan mengembangkan pembiasaan nilai-nilai belajar sepanjang hayat.
2. Melakukan penelitian, pengkajian, dan pengembangan teori pendidikan anak usia dini sebagai dasar pijakan dalam memutuskan praksis layanan pendidikan anak usia dini.
3. Memberikan layanan pada masyarakat dalam bidang praksis pendidikan anak usia dini berdasarkan hasil kajian ilmiah.
Kurikulum
Jumlah SKS Program Studi PG PAUD : 148 SKS yang tersususn sebagai berikut:
Matakuliah Wajib : 138 SKS
Matakuliah Pilihan : 10 SKS
Jumlah total : 148 SKS
Mahasiswa Program Studi PG PAUD wajib menempuh 148 SKS sebagai syarat kelulusan meliputi 138 SKS matakuliah wajib dan 10 SKS matakuliah pilihan dari 22 SKS matakuliah yang ditawarkan.
II. PRODI PG SD
II. PRODI PG SD
Visi, Misi dan Tujuan
VISI PGSD
“Terwujudnya program studi yang unggul dalam mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan sekolah dasar melalui tridharma perguruan tinggi yang berwawasan kewirausahaan untuk menghasilkan lulusan profesional pada tahun 2026”
MISI PGSD
Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar secara bermutu dalam atmosfir akademik yang kondusif.
Melaksanakan, mengembangkan dan mempublikasikan karya-karya ilmiah inovatif dan kompetitif dalam bidang pendidikan guru sekolah dasar, serta penelitian multidisipliner yang relevan.
Menyediakan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas di bidang pendidikan guru sekolah dasar serta bidang lain yang terkait.
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan berbasis kearifan lokal.
Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional, regional maupun internasional, dalam mewujudkan pencapaian
TUJUAN PGSD
Menghasilkan sarjana pendidikan guru SD yang bermutu dalam menguasai bidang ilmu kependidikan di SD dan mampu melaksanakan tugas professional sebagai tenaga pendidik, peneliti, praktisi dan konsultan pendidikan SD.
Menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah yang inovatif dan kompetititf dalam bidang pendidikan guru sekolah dasar maupun kajian multidisiplin yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan SD.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis keilmuan pendidikan guru sekolah dasar serta bidang lain yang terkait.
Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh berbasis kearifan
Menghasilkan jalinan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak terkait, baik pada tingkat nasional, regional maupun internasional, dalam rangka optimalisasi perwujudan visi dan pencapaian misi.
Pengembangan Kepribadian & Potensi Diri (PKPD)
Latar Belakang
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan pendidikan guru yang diselenggarakan dalam kurun waktu 8 semester yang secara substansi berjalan bersamaan, baik program akademik bidang studi maupun akademik kependidikan, yang didalamnya terdapat mata kuliah PKPD yang dilakukan secara intensif di sekolah mtira.
Model kurikulum dilaksanakan 8 semester dengan beban belajar pendidikan akademik sekurang-kurangnya 144 sks, meliputi beban belaiar untuk kompetensi akademik kependidikan, kompetensi akademik bidang studi utama, pengembangan kompetensi kepribadian dan sosial. PGSD akan menghasilkan calon guru dengan kewenangan utama sebagai guru kelas yang menguasai 5 mata pelajaran pokok di SD (Bahasa lndonesia, PKn, Matematika, lPA dan IPS) serta mata pelajaran tambahan lainnya.
Guna menyiapkan guru profesional dalam pendidikan akademik (S-l), salah satu program yang dilakukan dalam upaya penyiapan guru dan penguatan kepribadian seta potensi diri mahasiswa melalui mata kuliah Pengembangan Kepribadian dan Potensi (PKPD). Mata kuliah PKPD merupakan salah satu mata kuliah penciri program studi PGSD STIT SETARAMU BALI yang dimulai dari PKPD I di semester 1, PKPD II di semester 2 dan PKPD III di semester 3 dengan bobot masing-masing PKPD 1 sks.
Tujuan PKPD
Tujuan kegiatan pelaksanaan PKPD bagi mahasiswa PGSD sebagai berikut.
PKPD I:
Membangun kedisiplinan
Mengembangkan kepribadiaan dan potensi dirinya melalui kegiatan kepramukaan
PKPD II:
Membangun kedisplinan
Mengembangkan wawasan adiwiyata
Mengembangkan kemampuan mengelola UKS di SD
PKPD III:
Membangun kedisiplinan
Mengembangkan kemampuan menyusun proposal dan laporan PKM 7 Bidang
Mengembangkan kegiatan keagamaan di sekolah
Mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kerjasama
Alur Pelaksanaan PKPD
Jumlah jam mata kuliah PKPD adalah 150 menit x l6 pertemuan.
Tahapan masing-masing magant sebagai berikut.
Setiap mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah wajib mengikuti kegiatan upacara setiap hari Senin.
Pelaksanaan PKPD yang diawali dengan indoor dan diakhiri dengan kegiatan outdoor
Penyusunan Laporan
Penilaian
Teknis Pelaksanaan PKPD
Pelaksanaan PKPD I terdiri dari beberapa aktivitas kegiatan kepramukaan dilaksanakan dalam bentuk latihan indoor dan outdor sebanyak 8 kali pertemuan tiap Jum’at – Sabtu dan ditutup dengan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD)
Pelaksanaan PKPD 2 terdiri dari beberapa aktivitas yaitu kegiatan indoor berupa kuliah umum wawasan adiwiyata dan pelatihan UKS dilanjutkan dengan kegiatan outdoor berupa observasi ke sekolah adiwiyata dan praktik UKS
Pelaksanaan PKPD 3 terdiri dari beberapa aktivitas, yaitu kegiatan indoor berupa workshop penyusunan proposal dan laporan PKM 7 Bidang, kegiatan keagamaan dan diakhiri dengan kegiatan outdoor yaitu outbond.
Penyusunan Laporan
Laporan disusun oleh mahasiswayang disesuaikan dengan kegiatan dan mengikuti format yang telah ditentukan
Pengumpulan laporan paling lambat 2 minggu setelah pelaksanaan kegiatan
Penilaian
Penilaian merupakan akumulasi nilai dari setiap komponen kegiatan PKPD dan penyusunan laporan dari mahasiswa
Komponen Penilaian
Komponen penilaian masing-masing mata kuliah PKPD yaitu:
PKPD 1
Penilaian dilakukan dengan cara melihat keaktifan mahasiswa baik kehadiran pada kegiatan upacara maupun dalam kegiatan pada pelatihan kepramukaan.
PKPD 2
Penilaian dilakukan dengan cara melihat keaktifan mahasiswa baik kehadiran pada kegiatan upacara maupun dalam kegiatan wawasan adiwiyata dan pelatihan UKS.
PKPD 3
Penilaian dilakukan dengan cara melihat keaktifan mahasiswa baik kehadiran pada kegiatan upacara maupun dalam kegiatan workshop PKM, kegiatan keagamaan dan outbond.
Teknis Penilaian
Teknis penilaian PKPD menggunakan format penilaian yang disusun sesuai dengan masing-masing tahapan.
Sasaran penilaian adalah proses kinerja
============================
III. PRODI PAI
Kurikulum PAI
=============================
IV. PRODI MPI
Kurikulum MPI
==============================
REFERENSI
STITMU Ngawi
STITMU BANGIL
STITMU BANJAR
STITMU LUMAJANG
STIT ALB
STIT AL AMIN
PG PAUD UMS
PG SD UNM